Penulis / NIM
ILHAM DUNGGIO / 151410103
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK
Ilham Dunggio. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Pada Kemampuan Siswa Berbicara di Kelas IV SDN 16 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Evi Hasim, M.Pd dan Pembimbing II Wiwy T. Pulukadang S.Pd, M.Pd.
Masalah dalam penelitian ini dirumuskan yaitu "Bagaimanakah penerapan model pembelajaran jigsaw pada kemampuan siswa berbicara di kelas IV SDN 16 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo" dan Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran jigsaw pada kemampuan siswa berbicara di kelas IV SDN 16 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, dan berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dari 23 siswa di kelas IV SDN 16 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo, dapat diklasifikasikan 19 siswa yang mampu atau 82,61%, sedangkan 4 siswa yang tidak mampu atau 17,39%.
Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa sudah sebagian besar siswa di kelas IV SDN 16 Limboto Barat sudah mampu berbicara pada model pembelajaran jigsaw.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Jigsaw, Berbicara.
Download berkas