Penulis / NIM
FITRI APRIANI Z. BILONDATU / 151410123
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstrak
ABSTRAK
FitriApriani Z. Bilondatu, 2014. Analisis Kesulitan penerapan model pembelajaran tipe jigsaw di SDN 5 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dra. Elmia Umar M.Pd Pembimbing II SamsiPomalingo, S.Ag, MA
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Analisis Kesulitan penerapan model pembelajaran tipe jigsaw di SDN 5 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan tekhnik observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian penerapan model pembelajaran tipe jigsaw belum optimal Atau Jarang diterapkan dalam proses pembelajaran, hal ini dilihat dari hasil penelitian yang diadakan peneliti dimana guru memiliki kesulitan dalam penerapan model ini, selain sebagian guru tidak mengetahui secara sistimatik model jigsaw, dan juga masalah waktu dimana guru tidak bisa mengoptimalkan waktu seefisien mungkin serta kesulitan dalam penempatan siswa yang bersifat heterogen dalam kelompok.
Kata Kunci : Analisis, Kesulitan, Penerapan, jigsaw.
Download berkas