SKRIPSI

Penulis / NIM
NURIANI BERAHIMA / 151410130
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
Nuriani Berahima, 2014 "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sumber Daya Alam Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick di Kelas III SDN 24 Bongomeme Kabupaten Gorontalo". Skripsi. Jurusan PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo pembimbing : Prof. Dr.H. Abdul Haris PanaI, S.Pd, M.Pd, dan Irvin Novita Arifin M.Pd. Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Talking Stik dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sumber daya alam di kelas III SDN 24 Bongomeme Kabupaten Gorontalo. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran kooperatif tipe talking stick pada siswa kelas III SDN 24 Bongomeme Kabupaten Gorontalo. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang materi sumber daya alam pada mata pelajaran IPA. Hal ini nampak pada hasil siklus dengan rincian pada observasi awal 28,58 % (8 orang), pada siklus I mencapai 75 % (21 orang), dan pada siklus II mencapai 96 % (27 orang) dari 28 siswa. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN 24 Bongomeme Kabupaten Gorontalo. Kata kunci : sumber daya alam, talking stick, hasil belajar siswa.
Download FILE

ARSIP

2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011