SKRIPSI

Penulis / NIM
SRI DARMAYANTI MODJIDU / 151410133
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Pembimbing 2 / NIDN
ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Abstrak
Sri Darmayanti Modjidu, 2014. Studi Tentang Upaya Guru Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Perkalian Pecahan Campuran di SDN 73 Kota Timur Kota Gorontalo. Skripsi Program Studi SI PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Dra. Martianty Nalole, M.Pd dan Pembimbing II Ismail Pioke S.Pd M.Pd. Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana upaya guru meningkatkan kemampuan menyelesaikan perkalian pecahan campuran di SDN 73 Kota Timur Kota Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya guru meningkatkan kemampuan menyelesaikan perkalian pecahan campuran di SDN 73 Kota Timur Kota Gorontalo. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu angket, wawancara dan dokumentasi, yang kemudian dianalisis dengan presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru yang ada di SDN 73 Kota Timur Kota Gorontalo dalam pembelajaran matematika khususnya pada materi perkalian pecahan campuran 82,83% atau 82 siswa menyatakan guru selalu melaksanakan pembelajaran matematika menarik dan menyenangkan, 84,85% atau 84 siswa menyatakan guru selalu melibatkan siswa secara aktif, 76,77% atau 76 siswa menyatakan guru selalu mendorong siswa aktif dalam diskusi, bertanya serta menjawab pertanyaan, selanjutnya 48,49% atau 48 siswa menyatakan guru selalu menerapkan model dan metode pembelajaran yang bervariasi, 63,64% atau 63 siswa menyatakan guru jarang menggunakan media pembelajaran khususnya pada materi perkalian pecahan campuran, 70,71% atau 70 siswa menyatakan jarang mengalami kesulitan pada materi perkalian pecahan campuran, 75,76% atau 75 siswa menyatakan guru selalu membantu mengatasi kesulitan yang dihadapi siswa, 50,51% atau 50 siswa menyatakan guru selalu memberikan remedial pada siswa, 89,90% atau 89siswa menyatakan guru selalu memberikan penilaian sesuai dengan kemampuan siswa dan 65,66% atau 65 siswa menyatakan guru selalu memberikan pujian ketika siswa berhasil menyelesaikan tugas. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa upaya guru dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan perkalian pecahan campuran sudah terlaksana dengan baik dimana dalam pembelajaran telah menerapkan pembelajaran Pakem, menggunakan model dan metode yang bervariasi dalam pembelajaran, selalu membantu mengatasi kesulitan yang dihadapi oleh siswa Kata kunci: Upaya, Perkalian Pecahan Campuran
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011