SKRIPSI

Penulis / NIM
MARIYATI PONTO / 151410148
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Abstrak
ABSTRAK Mariyati Ponto. 2014. Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Melalui Media Gambar Pada Siswa Kelas IV SDN 2 Asparaga. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Hj. Sumarni Mohammad, S.Pd, M.Pd dan pembimbing II Dra. Hj. Salma Halidu S.Pd, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah melalui media gambar dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas IV SDN 02 Asparaga.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan siswa dalam menulis karangan deskripsi melalui media gambar. Alat pengambilan data yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini berupa pedoman observasi dan lembar penilaian siswa. Teknik analisis data digunakan yaitu teknik deskriptif kuantitatif dilakukan dengan 2 siklus pada 24 siswa. Hasilpada observasi awal, 5 orang (2%) yang mampu menulis karangan deskripsi dan19 orang (98%) dari 24siswa. Pada siklus1 menunjukkan bahwa siswa yang mampu menulis karangan deskripsi menjadi 11 orang (46%) dan yang tidak mampu 13 orang(54%).Setelah diadakan perbaikan pada siklus 2 meningkat menjadi 22 orang (92%) yang mampu menulis karangan deskripsi serta 2 orang (8%) yang belum mampu. Kesimpulan dari hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas IV SDN 02 Asparaga Kabupaten Gorontalo terjadi peningkatan setelah diadakan tindakan. Kata kunci : Menulis, karangan deskripsi, media gambar.
Download FILE

ARSIP

2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011