SKRIPSI

Penulis / NIM
ATEN TULIABU / 151410184
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Abstrak
ABSTRAK ATEN TULIABU, NIM. 151 410 184“Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Melalui Metode Bimbingan Individual di Kelas V SDN 9 Wonosari Kecamatan Wonosari Kabupaten Boalemo.” Suatu penelitian Tindakan Kelas, Skripsi, Gorontalo, Program S1 PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, 2012. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS dapat ditingkatkan melalui metode bimbingan individu di kelas V SDN 9 Wonosari Kecamatan Wonosari Kabupaten Boalemo. Adapun tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS melalui metode bimbingan individu di kelas V SDN 9 Wonosari Kecamatan Wonosari Kabupaten Boalemo. Sementara teknik analisis data yang digunakan yaitu kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas, dimana tindakan penelitian dihentikan jika telah tercapai kriteria ketuntasan belajar sebesar 80% dari jumlah keseluruhan subyek penelitian dengan rata-rata skor lebih dari 65. Subyek dalam penelitian ini adalah 16 siswa kelas kelas V SDN 9 Wonosari Kecamatan Wonosari Kabupaten Boalemo Tahun pelajaran 2011-2012. Motivasi belajar siswa diukur berdasarkan kriteria ketuntasan belajar perorangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi belajar siswa pada aspek perhatian, siswa yang memiliki nilai baik 62,5%, pada siklus II meningkat menjadi 93,75%, Aspek keterkaitan, siswa yang memiliki nilai baik 62,5%, pada siklus II meningkat menjadi 81,25%. Aspek percaya diri, siswa yang memiliki nilai baik 68,75%, pada siklus II meningkat menjadi 87,5%, dan pada aspek kepuasan, siswa yang memiliki nilai baik 62,5%, pada siklus II meningkat menjadi 93,75%,. Kesimpulan dari hasil penelitian tentang meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS melalui metode bimbingan individual di kelas IV SDN 9 Wonosari Kecamatan Wonosari Kabupaten Boalemo dinyatakan berhasil. Kata kunci: Motivasi Belajar, Metode Bimbingan Individual
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011