SKRIPSI

Penulis / NIM
ETY SURYANA / 151410346
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Pembimbing 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstrak
ETY SURYANA. 2014. Deskripsi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dalam Pembelajaran Matematika di kelas IV SDN 20 Dungingi. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Martianty Nalole, M.Pd dan pembimbing II Dra. Samsiar RivaI, S.Pd, M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah "Bagaimana penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Two Stay Two Stray dalam pembelajaran matematika di kelas IV SDN 20 Dungingi?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe two stay two stray dalam pembelajaran matematika di kelas IV SDN 20 Dungingi. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif ini sangat tepat digunakan untuk hal yang diteliti dengan tujuan mendapat gambaran yang jelas tentang deskripsi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray pada pembelajaran matematika di kelas IV SDN 20 Dungingi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tekhnik deskriptif dengan didukung data kualitatif. Data yang diperoleh dikumpulkan untuk diolah secara sistematis, dimulai dari wawancara, mengedit, mengklasifikasi dan selanjutnya penyajian data serta penyimpulan data. Hasil penelitian dari bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray di kelas IV SDN 20 Dungingi adalah: guru membagi siswa kedalam 4-5 kelompok secara heterogen, guru membagikan tugas berupa soal yang berbeda kepada masing-masing kelompok, guru membimbing siswa berdiskusi dalam kelompoknya, dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk dapat terlibat secara aktif dalam proses berpikir, guru menentukan 2 siswa yang tinggal dan 2 siswa yang bertamu, kelompok membahas hasil-hasil kerja yang mereka dapatkan, dan memimpin diskusi kelas. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah guru telah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray sesuai dengan langkah-langkahnya. Hal ini dibuktikan dengan hasil wawancara dan dokumentasi berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang digunakan oleh guru. Kata Kunci: Penerapan, Model Pembelajaran, Two Stay Two Stray, Matematika
Download FILE

ARSIP

2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011