SKRIPSI

Penulis / NIM
SALMA KASIM / 151410358
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Pembimbing 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstrak
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya guru menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada pembelajaran Matematika di SDN 09 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya guru menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada pembelajaran Matematika di SDN 09 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) yakni keterkaitan setiap materi atau topik pembelajaran dengan kehidupan nyata siswa. Penelitian deskriptif kualiatif yang di kenai tindakan adalah guru kelas I sampai guru kelas V. Hasil penelitian yang diperoleh dari hasil wawancara bahwa guru menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) sesuai dengan langkah-langkah pendekatan tersebut yakni mengembangkan pemikiran siswa, menggunakan kegiatan inkuiri, mengembangkan rasa ingin tahu siswa, menciptakan masyarakat belajar (Kelompok Belajar), menggunakan model pembelajaran, melakukan refleksi diakhir pembelajaran, melakukan penilaian diakhir pembelajaran, melakukan penilaian sebenarnya diakhir pembelajaran, maka guru menemukan hambatan. Untuk mengatasi hambatan-hambatan yang guru hadapi di dalam kelas maka guru melakukan upaya menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pembelajaran matematika. Upaya guru menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pembelajaran matematika di SDN 09 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo yakni guru memberi penguatan, menggunakan media yang menarik, menerapkan pembelajaran PAKEM, menggunakan model pembelajaran, memberi motivasi. Dengan upaya yang dilakukan oleh guru maka siswa mengikuti proses belajar secara efektif. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa upaya guru menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pembelajaran matematika di SDN 09 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo yakni memberi penguatan, menggunakan media yang menarik, menerapkan pembelajaran PAKEM, menggunakan model pembelajaran, memberi motivasi. Kata Kunci : Upaya, Contextual Teaching and Learning (CTL), Matematika
Download FILE

ARSIP

2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011