SKRIPSI

Penulis / NIM
TRINATA HIJRIANI / 151410369
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Pembimbing 2 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Abstrak
ABSTRAK Trinata Hijriani (2014) " Meningkatkan hasil belajar siswa pada materi peristiwa alam di Indonesia melalui model pembelajaran kontekstual di kelas v SD Inpres Pandanwangi Kecamatan Toili Barat Kabupaten Banggai". Skripsi program studi S-1 PGSD Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Sukirman Rahim, M.Si dan Pembimbing II Drs. Djotin Mokoginta, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini dilakukan dengan mengajukan masalah apakah dengan menerapkan model pembelajaran kontekstual hasil belajar siswa pada materi peristiwa alam di kelas V SD Inpres Pandanwangi meningkat?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi peristiwa alam melalui model pembelajaran kontekstual di kelas V SD Inpres Pandanwangi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kaji tindak yang dilaksanakan di kelas V SD Inpres Pandanwangi Kecamatan Toili Kabupaten Banggai dengan subjek penelitian siswa yang berjumlah 21 orang, yang diolah secara kuantitatif, dengan empat tahapan penelitian, yakni persiapan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi, refleksi dan dianalisis menggunakan presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, dari jumlah siswa sebanyak 21 orang, siswa yang memperoleh nilai yang mencapai ketuntasan dengan indikator kinerja mencapai 75% dari hasil yang dicapai pada observasi awal mencapai 38% atau 8 orang yang sudah tuntas hasil belajarnya, kemudian pada siklus I mencapai 57% atau 12 orang yang sudah tuntas hal ini belum mencapai indikator kinerja, sehingga dilaksanakan tindakan ke siklus II, hasil yang dicapai dengan ketuntasan mencapai 86% atau 18 orang hasil capaian ini melebihi target yang telah ditetapkan. Dari hasil penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran kontekstual pada materi peristiwa alam di kelas V SD Inpres Pandanwangi hasil belajar siswa meningkat. Kata Kunci : Kontekstual, Peristiwa, Pembelajaran
Download FILE

ARSIP

2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011