Penulis / NIM
YAYUK YULIANTI DADO / 151410395
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Pembimbing 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstrak
A B S T R A K
Yayuk Yulianti Dado. 2012. NIM 151 410 395. ”Upaya Guru Meminimalkan Masalah Belajar Pada Pembagian Pecahan Biasa Pada Siswa Kelas V SD Muhammadiyah II Luwuk Kecamatan Luwuk Kabupaten Banggai”. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultass Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, pembimbing I Dra, Martianti Nalole, M.Pd dan Pembimbing II Dra, Samsiar Rival, S.Pd, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: ” Bagaimana Upaya Guru Meminimalkan Masalah Belajar Pada Pembagian Pecahan Biasa Pada Siswa Kelas V SD Muhammadiyah II Luwuk Kecamatan Luwuk Kabupaten Banggai”. Penelitian ini juga bertujuan untuk dapat mengetahui Upaya guru meminimalkan masalah belajar pada pembagian pecahan biasa pada siswa kelas V SD Muhammadiyah II Luwuk kecamatan Luwuk Kabupaten banggai.
Objek dari penelitian ini adalah siswa kelas V di SD Muhammadiyah II Luwuk Kecamatan Luwuk Kabupaten Banggai yang terdaftar Tahun Ajaran 2011-2012. Adapun Tehnik pengumpulan data dilakukan melalui Observasi, Interview dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data menggunakan induktif, deduktif, dan komparatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya guru meminimalkan masalah belajar siswa pada pembagian pecahan biasa kelas V di SD Muhammadiyah II Luwuk Kecamatan Luwuk Kabupaten Banggai dapat diatasi dengan menggunakan model pembelajaran langsung dan kreatifitas guru dalam menggunakan model pembelajaran langsung sehingga penelitian ini diterima.
Kata kunci : pembagian pecahan biasa
Download berkas