SKRIPSI

Penulis / NIM
AZIZA MOMPING / 151410407
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Abstrak
Masalah pokok dalam penelitian tindakan kelas ini adalah rendahnya hasil belajar IPA konsep energi gerak dari siswa kelas III B MIN Tanobonunungan, Kecamatan Banggai, Kabupaten Banggai Laut. Tujuan penelitian adalah meningkatkan hasil belajar IPA konsep energi gerak melalui metode demonstrasi di kelas III B MIN Tanobonunungan Kecamatan Banggai Kabupaten Banggai Laut. Hipotesis tindakan adalah, jika dalam pembelajaran IPA konsep energi gerak dilakukan melalui metode demonstrasi, maka hasil belajar siswa kelas III B MIN Tanobonunungan Kecamatan Banggai Kabupaten Banggai Laut akan meningkat. Indikator keberhasilan, minimal 85% siswa yang dikenakan tindakan memperoleh hasil belajar 70 ke atas. Subyek yang dikenakan tindakan pada penelitian ini adalah 28 orang siswa kelas III B MIN Tanobonunungan tahun pelajaran 2013/2014, dengan rincian 14 orang siswa laki-laki dan 14 orang siswa perempuan. Selama pembelajaran siswa dibagi dalam kelompok-kelompok kecil sambil mengamati demonstrasi yang dilakukan oleh guru, serta diberikan kesempatan melakukan demonstrasi sesuai materi yang dibelajarkan. Berdasarkan analisis data hasil belajar siklus I menunjukkan bahwa 17 dari 28 siswa atau 60,7% dari seluruh siswa yang dikenai tindakan mencapai daya serap 70% ke atas atau memperoleh nilai ≥ 70 dan dinyatakan tuntas, sedangkan 11 siswa atau 39,3% yang belum mencapai daya serap 70% atau nilai kurang dari 70, dan dinyatakan belum tuntas. Analisis data hasil belajar siklus II menunjukkan bahwa 24 dari 28 siswa atau 85,7% dari seluruh siswa yang dikenai tindakan mencapai daya serap 70% ke atas atau memperoleh nilai ≥ 70 dan dinyatakan tuntas, sedangkan 4 siswa lainnya atau 14,3% yang dinyatakan tidak tuntas, karena belum mencapai daya serap 70% atau nilai kurang dari 70. Capaian ini telah melampaui indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dengan capaian tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPA konsep energi gerak dapat ditingkatkan melalui metode demonstrasi di kelas III B MIN Tanobonunungan Kecamatan Banggai Kabupaten Banggai Laut. Kata Kunci : Hasil Belajar, Materi Energi Gerak, Metode Demonstrasi
Download FILE

ARSIP

2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011