SKRIPSI

Penulis / NIM
FRADIANSYAH ZUBAIR / 151410410
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Pembimbing 2 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Abstrak
ABSTRAK Fradiansyah Zubair. 2014. Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Melalui Prosedur Membaca Terbimbing (Guided Reading Procedure) Siswa Kelas V SDN 1 Lokotoy Kec. Banggai Utara Kab. Banggai Laut. Pembimbing I Hj. Sumarni Muhamad, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dra.Hj. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd Masalah penelitian ini yaitu Apakah penerapan prosedur membaca terbimbing (Guided Reading Procedure) dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas V pada mata pelajaran bahasa Indonesia di SDN 1 Lokotoy. Tujuan Penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan membaca melalui prosedur membaca terbimbing. Metode penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas data dianalisis secara deskriftif melalui tahapan mengklasifikasi data, menganalisis, menginpertasi, menyajikan data, dan menganalisis dan menyimpulkan. Penelitian dilaksanakan di SDN 1 Lokotoy Kelas V dengan jumlah siswa 34 orang yang terdiri dari laki-laki 23 perempuan 11 orang. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan materi membaca teks. Dari hasil kegiatan dalam 2 siklus terlihat bahwa dari 34 siswa untuk observasi awal prosentase kemampuan siswa hanya 26 %. Siklus I menjadi 39 % . Oleh karena pada siklus I belum mencapai 75 % maka tindakan dilanjutkan ke siklus II dan terjadi kenaikan prosentase kemampuan siswa menjadi 88 %. Hal ini menunjukkan bahwa indicator kinerja dalam penelitian ini telah tercapai. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa melalui prosedur membaca terbimbing pada materi membaca teks terbukti kemampuan siswa meningkat dengan baik. Kata Kunci : Membaca, Prosedur Membaca Terbimbing.
Download FILE

ARSIP

2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011