SKRIPSI

Penulis / NIM
HASMAWATI / 151410413
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstrak
ABSTRAK Hasmawati. 151410413 "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran PKn melalui model Think Pair Share (Penelitian di kelas IV SDN Tolokibit Kecamatan Banggai Selatan Kabupaten Banggai Laut)". Skripsi. Jurusan PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo (Pembimbing : Dra. Elmia Umar M.Pd dan Samsi Pomalingo S.Ag, MA). Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan Model Pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn di SDN Tolokibit Kecamatan Banggai Selatan Kabupaten Banggai Laut. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan tujuan meningkatkan hasil belajar siswa tentang materi mengenal system pemerintahan tingkat pusat pada mata pelajaran PKn. Cara pengambilan data dilaksanakan saat pembelajaran telah selesai dengan memeriksa hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan Model Pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Hal ini nampak pada hasil siklus dengan rincian pada observasi awal 26,67% (4 orang), pada siklus 1 mencapai 60% (9 orang), dan pada siklus II 93,33% (14 orang) dari15 orang siswa. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Tolokibit Kecamatan Banggai Selatan Kabupaten Banggai Laut. Kata Kunci : Hasil Belajar, Think Pair Share
Download FILE

ARSIP

2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011