SKRIPSI

Penulis / NIM
MILAWANTI / 151410420
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Pembimbing 2 / NIDN
NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstrak
ABSTRAK Milawanti. 2014."Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Pembelajaran PKn dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe STAD di kelas IV SDN Lambako Kecamatan Banggai Kabupaten Banggai Laut.". Skripsi. Jurusan PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Elmia Umar, M.Pd., dan Pembimbing II Nurhayati Tine, S.Pd.MHI Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan pemahaman siswa pada pembelajaran PKn Kelas IV di SDN Lambako Kecamatan Banggai Kabupaten Banggai Laut?. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi system pemerintahan pusat melalui model kooperatif tipe STAD.Metode Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Adapun yang menjadi karakteristik penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 38 orang siswa yang terdiri dari 21 orang siswa laki-laki dan 17 orang siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada hasil siklus 1 menjadi 57,89%, dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 89,47% dari total 38 orang siswa. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas IV SDN Lambako Kec. Banggai Kab. Banggai Kepulauan. Kata Kunci : Siswa, Meningkatkan Pemahaman, Model STAD
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011