SKRIPSI

Penulis / NIM
ARFA / 151410432
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Abstrak
ABSTRAK Arfa. 2012. Penerapan meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi sejarah uang pada mata pelajaran IPS melalui metode penugasan di kelas III SDN 2 Banggai. Skripsi, jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo Di bawah bimbingan Ibu Dra. Hakop Walangadi, M.Si Pembimbing I dan Ibu Elmia Umar, M.Pd Pembimbing II. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya motivasi belajar siswa yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi belajar siswa melalui metode penugasan. Siswa yang menjadi subjek tindakan kelas adalah kelas III SDN 2 Banggai kecamatan banggai kabupaten banggai kepulauan provinsi Sulawesi tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Langkah-langkah dalam penelitian ini tahap persiapan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi, tahap analisis dan refleksi. Hasil penelitian pada siklus I dari 23 aspek yang diamati memiliki 5 aspek yang berkategori baik atau 22 % sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 82,6 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode penugasan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Kata kunci : Metode penugasan dan motivasi belajar
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011