SKRIPSI

Penulis / NIM
YUSRIN BARABUAT / 151410471
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
MUHAMMAD SARLIN, S.Pd., M.Pd / 0001098604
Abstrak
ABSTRAK YUSRIN BARABUAT. 2016. Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Materi Perkembangan Teknologi Komunikasi Melalui Model Think Pair Share Pada Pembelajaran IPS Kelas IV SDN 9 Dungaliyo Kecamatan Dungaliyo Kabupaten Gorontalo. Skripsi. S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Drs.H. Haris Mahmud, S.Pd, M.Si Pembimbing II: Muhammad Sarlin, S.Pd. M.Pd Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah "Apakah Pemahaman Siswa Kelas IV SDN 9 Dungaliyo Terhadap Materi Perkembangan Teknologi Komunikasi Dapat Ditingkatkan Melalui Penggunaan Model Think Pair Share ?". Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas IV SDN 9 Dungaliyo terhadap materi perkembangan teknologi komunikasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas, Dengan teknik pengumpulan data observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis persentase. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari tahap awal, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi diakhiri refleksi Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Think Pair Share dapat digunakan sebagai salah satu model pembelajaran IPS karena dapat meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran IPS khususnya pada materi Perkembangan Teknologi di kelas IV SDN 9 Dungaliyo Kecamatan Dungaliyo Kabupaten Gorontalo. Tingkat pemahaman siswa dalam mata pelajaran IPS pada tahap observasi awal hanya 4 siswa (28,57%) yang menunjukkan pemahaman yang tinggi. Pada siklus I tingkat pemahaman siswa meningkat menjadi 5 siswa (35,71%). Pada siklus II sebanyak 11 siswa (78,57%) yang memiliki pemahaman tinggi terhadap materi Perkembangan Teknologi Komunikasi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pemahaman siswa terhadap materi Perkembangan Teknologi Komunikasi dapat ditingkatkan melalui Model Think Pair Share. Hipotesis penelitian yang menyatakan "Melalui Model Think Pair Share Maka Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perkembangan Teknologi Komunikasi di Kelas IV SDN 9 Dungaliyo Kecamatan Dungaliyo Kabupaten Gorontalo Akan Meningkat" dapat diterima. Kata Kunci: Pemahaman siswa, Model Think Pair Share
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011