SKRIPSI

Penulis / NIM
SINTA HIANGO / 151411150
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Pembimbing 2 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Abstrak
BSTRAK SintaHiango, 2018. Meningkatkan Kemampuan Membaca Lanjut Melalui Metode Demonstrasi Siswa Kelas IV SDN 83 Kota Tengah Kota Gorontalo Meningkatkan Kemampuan Membaca Lanjut Siswa Kelas IV SDN 83 Kota Tengah Kota Gorontalo. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Yusuf Jafar, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah kemampuan membaca lanjut melalui metode demonstrasi siswa kelas IV SDN 83 Kota Tengah Kota Gorontalo dapat meningkat ? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca lanjut melalui metode demonstrasi siswa kelas IV SDN 83 Kota Tengah Kota Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan.Variabel penelitian meliputi variabel input, proses dan output. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis secara presentasi. Berdasarkan pada observasi awal diperoleh hasil kemampuan membaca lanjut hanya 6 orang siswa yang mampu atau 30% dari 20 siswa jumlah siswa keseluruhan, kemudian pada siklus I kemampuan membaca lanjut meningkat menjadi 50% atau 10 orang siswa yang mampu, selanjutnya siklus 2 memperoleh hasil peningkatan kemampuan siswa membaca lanjut siswa mencapai 85% atau 17 orang siswa yang mampu. Berdasarkan hasil tindakan kelas tersebut, dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca lanjut siswa kelas IV SDN 83 Kota Tengah Kota Gorontalo hasil membaca lanjut mereka meningkat Kata Kunci: Kemampuan, MembacaLanjut, Demonstrasi, ABSTRACT SintaHiango, 2018. Enhancing Advanced Reading Ability Through Demonstration Method in Class IV Students of SDN 83 Kota Tengah Gorontalo Increases Advanced Reading Ability of Grade IV Students of SDN 83 Kota Tengah, Gorontalo City. Department of Primary School Teacher Education, Faculty of Education, Gorontalo State University. Advisor I Dr. Yusuf Jafar, M.Pd and Advisor II Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd. The formulation of the problem in this study is whether the ability to read further through the demonstration method of fourth grade students of SDN 83 Kota Tengah, Gorontalo City can increase? The purpose of this study was to improve the ability to read further through the demonstration method of grade IV SDN 83 Kota Tengah Gorontalo City. This research is a Classroom Action research which is conducted in two cycles, where each cycle consists of two meetings. Research variables include input, process and output variables. Data collection techniques used are observation and documentation techniques. The data collected is analyzed in a presentation. Based on preliminary observations obtained the results of further reading ability are only 6 students who can afford or 30% of 20 students the total number of students, then in cycle I the ability to read further increases to 50% or 10 students who are capable, then cycle 2 obtains results of increased ability students read further students reach 85% or 17 students who are capable. Based on the results of the class action, it can be concluded that the further reading ability of fourth grade students of SDN 83 Kota Tengah, Gorontalo, resulted in their continued reading increased Keywords: Ability, Reading Continues, Demonstrations,
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011