SKRIPSI

Penulis / NIM
INDRIYANTI LAODE / 151411161
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Abstrak
ABSTRAK Indriyanti Laode. 2015. Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Metode Eksperimen Pada Mata Pelajaran IPA Materi Energi Gerak Di Kelas IV SDN 14 Kota Barat Kota Gorontalo. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Prof. Dr. H. Abd. Haris Panai M.Pd, selaku Pembimbing I, dan Dr. Sukirman Rahim, S.Pd, M.Si selaku Pembimbing II. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi energi gerak di kelas IV SDN 14 Kota Barat Kota Gorontalo dapat ditingkatkan melalui metode eksperimen? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui metode eksperimen pada mata pelajaran IPA materi energi gerak di kelas IV SDN 14 Kota Barat Kota Gorontalo. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SDN 14 Kota Barat Kota Gorontalo. Kelas yang dilaksanakan tindakan adalah kelas IV dengan jumlah siswa 13 orang yang terdiri dari 6 orang laki-laki dan 7 orang perempuan dengan memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Berdasarkan analisis data maka dapat diketahui terjadi peningkatan motivasi belajar siswa melalui metode eksperimen pada mata pelajaran IPA materi energi gerak di kelas IV SDN 14 Kota Barat Kota Gorontalo, dari observasi awal diperoleh nilai rata-rata 49,81%. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 62,88% atau terjadi peningkatan 13,07, tentu saja hal tersebut belum mencapai indikator, artinya masih berada pada klasifikasi cukup, dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 81,73 atau terjadi peningkatan 18,85%, artinya telah berada pada klasifikasi baik. Dengan demikian hipotesis tindakan yang diajukan dapat diterima. Jadi pelaksanaan tindakan kelas pada siklus I dan siklus II terjadi peningkatan motivasi belajar siswa melalui metode eksperimen pada mata pelajaran IPA materi energi gerak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian ialah, " jika diterapkan metode eksperimen maka motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi energi gerak di kelas IV SDN 14 Kota Barat Kota Gorontalo Akan Meningkat" telah diuji dengan benar dan dapat diterima. Kata kunci : Motivasi, Energi Gerak, Metode Eksperimen
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011