Penulis / NIM
SISKA MASULU / 151411181
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Abstrak
ABSTRAK
Siska Masulu. 2015, Faktor Penyebab Kurangnya Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas III SDN 84 Kota Tengah Kota Gorontalo. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dra. Hj. Hakop Walangadi M.Si dan pembinbing II Drs. H. Haris Mahmud S.Pd, M.Si
Masalah dalam penelitian adalah 1. Bagaimana Kreativitas Guru Dalam Mengelola Mata Pelajaran IPS, 2. Apakah Faktor Penyebab Kurangnya Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS, 3. Bagaimana Solusi Guru Untuk Menarik Perhatian Agara Ikut Aktif Dalam Proses Pembelajaran. adapun metode ang digunakan dalam penelitian adalah Deskriptif Kualitatif.
Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulakan bahwa aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas III SDN 84 Kota Tengah Kota Gorontalo belum sesuai dengan yang diharapkan dan yang menjadi faktor penyebabnya yaitu kurangnya media pembelajaran yang di gunakan oleh guru pada saat pembelajaran IPS, kurangnya perhatian dan pendekatan yang diberikan guru pada siswa kurangnya kreativitas guru dalam mengelola mata pelajaran IPS, serta kurangnya minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS dan untuk mengatasi faktor-faktor tersebut dapat diatasi dengan cara guru harus membiasakan menggunakan media pada saat pembelajaran IPS, guru harus memberikan memperhatikan lebih pada siswa yang sering ribut dalam kelas dengan cara memberikan pendekatan serta lebih kreatif lagi dalam mengelola pembelajaran.
Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Mata Pelajaran IPS
Download berkas