SKRIPSI

Penulis / NIM
AINUN GIOLA / 151411192
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Abstrak
ABSTRAK Ainun Giola. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar IPA di kelas IV SDN 1 Batubantayo Kecamatan Pinogaluman Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Abdul Haris Panai, M.Pd dan Pembimbing II Drs. Djotin Mokoginta, S,Pd. M.Pd. Permasalahan utama dalam penelitian ini yaitu "Aakah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together terhadap hasil belajar IPA siswa IV SDN I Batubantayo Kecamatan Pinogaluman?". Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif Tipe Numbered Head Together terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 1 Batubantayo Kecamatan Pinogaluman. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November - Desember tahun ajaran 2015. Rancangan penelitian ini adalah one group pretest-postest design, dengan variabel penelitian yaitu: (1) variabel X adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together, dan (2) variabel Y adalah hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan studi dokumentasi. Teknik analis data yang digunakan adalah analisis uji t. Hasil penelitian disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji t diperoleh nilai thitung sebesar 18,71 dan nilai ttabel sebesar 1,77. Jika dibandingkan hasil antara thitung dengan ttabel maka harga thitung lebih besar dari harga ttabel. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil siswa sebelum menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada tes awal (pretest) dengan hasil belajar sesudah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada tes akhir (posttest) Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif Numbered Head Together, Hasil Belajar
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011