SKRIPSI

Penulis / NIM
FENTI ASTUTI GINOGA / 151411229
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Abstrak
ABSTRAK Fenti Astuti Ginoga, 2018. Peran Guru Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran PKn Kelas IV SDN 11 Limboto Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra Elmia Umar, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah "bagaimanakah peran guru dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran PKn di Kelas IV SDN 11 Limboto Kabupaten Gorontalo, tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran guru dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran PKn di kelas IV SDN 11 Limboto Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran guru dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa dapat berupa pemberian penguatan, dan memberikan stimulus kepada siswa berupa mengajukkan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan kehidupan atau keadaan lingkungan tempat tinggal dengan disesuaikan dengan materi yang di ajarkan. Guru juga dapat merangsang motivasi belajar siswa dengan memberikan kesempatan kepada siswa mengungkapkan apa saja yang mereka ketahui tanpa harus memberikan batasan jawaban. Serta tindak lanjut guru berupa pemberian apresiasi terhadap siswa misalnya dengan memberikan hadiah, nilai, jempol, dan pemberian aplos kepada siswa yang jawaban tepat dan menanamkan rasa percaya diri pada siswa yang belum memiliki keberanian dalam mengungkapkan apa dia ketahui. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peran guru dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa di kelas IV SDN 11 Limboto Kabupaten Gorontalo pada pelajaran PKn sudah maksimal adapun cara yang dilakukan yakni dengan cara membimbing siswa dalam proses belajar mengajar, melibatkan siswa dalam proses belajar mengajar, memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya atas materi yang tidak dimengerti, mengunakan media pembelajaran yang berkaitan dengan materi, dan mengadakan tanya jawab tentang kejelasan materi. Kata Kunci : Peran Guru, Motivasi Belajar, Pembelajaran PKn. ABSTRACT Ginoga. Fenti Astuti. 2018. Teacher's Role in Nurturing Students' Motivation in Learning Pkn (Citizenship) Subject in Grade IV Students of Elementary School, SDN 11 Limboto, Gorontalo Regency. Undergraduate Thesis. Department of Elementary Teacher Education, Faculty of Education, Universitas Negeri Gorontalo. Principal Supervisor: Dra Elmia Umar, M.Pd. Co-supervisor: Salma Halidu, S.Pd., M.Pd. The study aims to identify the problem statement, i.e. whether or not the teachers contribute in nurturing students' learning motivation in Citizenship subject in Grade IV class of Elementary school, SDN 11 Limboto, Gorontalo regency. Moreover, the descriptive qualitative research employed observation, interview, and documentation to obtain the data. The result shows that the teachers' role in nurturing students' learning motivation is shown in reinforcements and stimulus e.g. asking questions related to students' environment and daily life by referring to the learning material. The teachers also nurture the students' learning motivation by giving the students opportunity to express their knowledge without limitations of answer. Appreciation from the teachers, i.e. rewards, extra score, and applause to students with correct answers also contribute to nurture students' confidence, particularly to those with lack of courage to express. The result signifies that the teachers' treatments to the students are able to optimally nurture their learning motivation, by providing guidance to the students, encouraging students to participate actively, giving opportunity for questions from the students, implementing related learnind media, and conducting discussions based on the learning material. Keywords: Teachers' role, Learning motivation, Citizenship subject.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011