Penulis / NIM
RUSNI AR. BOLILIO / 151411461
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK
Rusni Bolilio. 2013. Meningkatkan Kemampuan Mengajukan Pertanyaan Melalui Model Think Pair Share Di Kelas II SDN 1 Limboto Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Program PPKHB, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Dra.Hj. Evi Hasim, M.Pd. Pembimbing II. Wiwy Triyanty Pulukadang, M.Pd
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: apakah melalui model TPS dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas II SDN 1 Limboto Kecamatan Limboto dalam mengajukan pertanyaan?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mengajukan pertanyaan melalui model Think Pair Share. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan teknik observasi dan tes kemampuan siswa. Teknik analisis data penelitian menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif deskriptif persentase.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil observasi awal, dari 32 siswa, yang sudah mampu mengajukan pertanyaan sebanyak 4 orang atau 13% , pada siklus I meningkat menjadi 11 siswa atau 34%, sedangkan pada siklus II siswa yang telah mampu mengajukan pertanyaan sebanyak 26 siswa atau 81%.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan model Think Pair Share dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas II SDN 1 Limboto Kecamatan Limboto dalam mengajukan pertanyaan. Untuk itu disarankan agar guru kelas II dalam melaksanakan pembelajaran Bahasa Indonesia dapat menggunakan model Thin Pair Share.
Kata Kunci : kemampuan, mengajukan pertanyaan dan model Think
Pair Share (TPS)
Download berkas