SKRIPSI

Penulis / NIM
SAMIRA DJ. KIAMA / 151411477
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
DR. MUCHTAR AHMAD, S.Pd, M.Si / 0004057805
Abstrak
ABSTRAK Samira Dj. Kiama, 2013. Judul penelitian"Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa Melalui Model pembelajaran Kooperatif Jigsaw Pelajaran IPS Kelas IV SD Inpres Manawa Kabupaten Pohuwato"dibawah Bimbingan Ibu Dra. Hj. Hakop Walangadi.,M.Si selaku pembimbing I dan Bapak Muchtar R. Ahmad,S.Pd.,M.Si selaku pembimbing II. Permasalahan dalam pembelajaran ini adalah Apakah Model Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pembelajaran IPS Kelas IV SD Inpres Manawa Kabupaten Pohuwato. Sedangkan tujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pembelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Kelas IV Sekolah Dasar Inpres Manawa Kabupaten Pohuwato. Hasil peneliian pada siklus I diperoleh peningkatan disiplin belajar siswa dalam mengidentifikasi unsur-unsur materi dengan menggunakan model Jigsaw menjadi (56%) pada aspek kerjasama, sementara pada aspek keberanian sebesar 52%, dan pada aspek tanggungjawab sebesar 56% dalam peningkatan disiplin belajar siswa. Hasil tindakan siklus II ini jelas sekali menunjukkan adanya perubahan perilaku disiplin belajar. Hal ini dapat dilihat dari a) kerjasama, b) keberanian, dan c) tanggungjawab dalam diri siswa. Perubahan dan peningkatan disiplin belajar siswa ini berimplikasi pada pencapaian indikator kinerja yang diharapkan. Dan hasil evaluasi tes pada siklus II menunjukkan bahwa siswa mengalami peningkatan ketuntasan dalam belajar dari yang seblumnya, dimana terdapat 92% siswa atau 25 orang yang hasil tesnya baik karena mengedepankan disiplin belajar dikelas, dan tinggal 2 orang siswa atau sekitar 8% saja yang sulit dirubah aspek perilaku belajarnya, namun guru akan berupaya semaksimal mungkin dengan cara melakukan pendekatan personality pada siswa dengan memberi tahu orang tua siswa yang bersangkutan. Berdasarkan temuan ini pula jelas bahwa hipotesis penelitian yang berbunyi "Jika Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw diterapkan pada Pembelajaran IPS, maka disiplin belajar siswa meningkat SD Inpres Manawa Kecamatan Patilanggio Kelas IV Kabupaten Pohuwato".dapat diterima. Kata Kunci; Disiplin Belajar dan Model Pembelajaran Jigsaw
Download FILE

ARSIP

2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011