SKRIPSI

Penulis / NIM
FATMAH I. HASAN / 151412004
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Pembimbing 2 / NIDN
MUHAMMAD SARLIN, S.Pd., M.Pd / 0001098604
Abstrak
ABSTRAK Hasan, Fatmah I. 2016. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Perubahan Lingkungan Fisik dan Pengaruhnya terhadap Daratan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) di Kelas IV SDN 38 Hulontalangi Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Gamar Abdullah, S.Si, M.Pd., Pembimbing II. Muhammad Sarlin S.Pd, M.Pd Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya terhadap daratan di kelas IV SDN 38 Hulontalangi? Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Materi perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya terhadap daratan melalui model pembelajaran kooperatif tipe TGT di Kelas IV SDN 38 Hulontalangi Kota Gorontalo. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan telah dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah 20 orang . Pada Siklus I terdapat 10 orang yang tuntas (50%) dan tidak tuntas 10 orang (50%). Pada siklus II, terdapat 17 orang siswa yang tuntas (85%) dan tidak tuntas 3 orang siswa (15%). Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SDN 38 Hulontalangi. Kata Kunci : Hasil Belajar, Model pembelajaran kooperatif , Model pembelajaran TGT.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011