SKRIPSI

Penulis / NIM
SAID BILALEYA / 151412228
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. LUKMAN A R LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Pembimbing 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
ABSTRAK Said Bilaleya, 2014. Meningkatkan Pemahaman Siswa tentang Peristiwa Rotasi dan Revolusi Bumi melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di Kelas VI SDN 08 Mananggu. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Lukman A.R. Laliyo, M.Pd dan Pembimbing II Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi peristiwa rotasi dan revolusi bumi di kelas VI SDN 08 Mananggu. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang Peristiwa Rotasi dan Revolusi Bumi melalui Model STAD di Kelas VI SDN 08 Mananggu. Metode yang dipakai dalam penelitian tindakan kelas. penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu, Tahap Persiapan, Tahap Pelaksanaan tindakan, Tahap Pemantauan dan evaluasi, Tahap Analisis dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa Peningkatan pemahaman siswa tentang materi Peristiwa rotasi dan revolusi bumi pada mata pelajaran IPA di siklus I sampai dengan pelaksanaan tindakan siklus II dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe STAD nampak sekali terjadi peningkatan yang positif. Artinya bahwa, dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pembelajaran IPA khusunya tentang materi Peristiwa rotasi dan revolusi bumi terhadap peningkatan pemahaman siswa sehingga sangat relefan untuk disajikan kepada siswa. Data hasil pengamatan pemahaman belajar siswa pada siklus I dan siklus II, dimana pemahaman siswa pada siklus I mencapai 11 orang atau 57.9%. dan untuk siklus II meningkat menjadi 16 orang dengan presentase 84.21 %. Hal ini merupakan salah satu bukti dari keberhasilan penggunaan model pembelajaran STAD terhadap peningkatan pemahaman belajar siswa pada materi Peristiwa rotasi dan revolusi bumi. Kata Kunci: Pemahaman Siswa, Model Kooperatif Tipe STAD
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011