SKRIPSI

Penulis / NIM
YULAN SALIKO / 151412264
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
DR. MUCHTAR AHMAD, S.Pd, M.Si / 0004057805
Abstrak
ABSTRAK Yulan Saliko. 2014, Judul Penelitian "Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Pelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran Pair Cheks Kelas V di SDN 2 Mananggu Kabupaten Boalemo". Skripsi. Dibawah Bimbingan Bapak Drs. H. Haris Mahmud,M.Si dan Bapak Muchtar Ahmad, S.Pd.,M.Si Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah Penerapan model Pembelajaran Pair Cheks dapat meningkatkan Prestasi belajar siswa Pada Pelajaran IPS Kelas V di SDN 2 Mananggu Kabupaten Boalemo? Tujuan penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Pelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran Pair Cheks Kelas V di SDN 2 Mananggu Kabupaten Boalemo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). PTK ini dilaksanakan dalam 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasi, analisis dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perolehan hasil pengamatan awal peneliti dari 31 orang siswa tersebut hanya 11 orang siswa atau 35% dapat berhasil dengan baik, dan sekitar 65% atau 20 orang siswa yang masih belum mencapai criteria ketuntasan minimal. Hasil nilai pada Siklus I setelah dilakukan persiapan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Pair Cheks diperoleh hasil pembelajaran tentang Perjuangan dalam mempertahankan Kemerdekaan siswa kelas V SD Negeri 2 Mananggu Kecamatan Mananggu mengalami peningkatan keberhasilan belajar terutama dalam bentuk prestasi belajar individu siswa pada materi Perjuangan dalam mempertahankan Kemerdekaan dengan menggunakan model pembelajaran Pair Cheks 20 orang (65%) tuntas hasil belajarnya dan belum tuntas prestasi belajarnya 11 orang (35%). Dan prestasi belajar setelah dilakukan penindakan pada siklus II di peroleh nilai dengan nilai rata-rata kelas V SD Negeri 2 Mananggu Kecamatan Mananggu dalam peningkatan keberhasilan belajar tentang Perjuangan dalam mempertahankan Kemerdekaan dengan menggunakan model pembelajaran Pair Cheks 28 orang (90%) tuntas hasil belajarnya dan belum tuntas hasil belajarnya 3 orang (10%). Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa prestasi belajar siswa pada pelajaran IPS kelas V SDN 02 Mananggu Kabupaten Boalemo sudah meningkat dengan menggunakan model pembelajaran PAIR CHEKS Kata Kunci ;Prestasi dan Model Pair Cheks
Download FILE

ARSIP

2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011