SKRIPSI

Penulis / NIM
SULEMAN IBRAHIM / 151412300
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Abstrak
Abstrak Pemahamansiswamerupakansalahsatuunsuryangmenjaminkesuksesanbelajarsiswa.Permasalahan yang diangkatdalampenelitianiniadalahrendahnyaPemahamanSiswaPadaPelajaran IPAkarenatidakmemenuhikriteriaketuntasantelahditetapkanyaitu 70%.Melalui Model PembelajaranKooperatifTipe STAD di Kelas IV SDN 3 PapualangiTolinggula, penelitianinimeilikitujuanuntukmeningkatkanPemahamanSiswaPadaPelajaranMateri Gaya dam Gerak Benda Melalui Model PembelajaranKooperatifTipe STAD.Metodepenelitian yang digunakanadalahPenelitianTindakanKelas (PTK). HasilpenelitianmenunjukkanbahwaModel PembelajaranKooperatifTipeSTADdapatmeningkatkanPemahamanSiswaPadaPelajaranMateri Gaya dam Gerak Benda. Hal inidibuktikandenganketuntasan yang diperolehsiswasebelummenggunakan Model PembelajaranKooperatifTipe STADketuntasan yang hanyasebesar20 % kemudianmeningkatsebesar28,75% padasiklus 1 danmeningkatlagimenjadi95% padasiklus 2. DengandemikianbahwapemahamansiswapadaMateri Gaya da Gerak BendaMelaluiModel PembelajaranKooperatifTipe STADefektifdapatmeningkatdanmencapaistandarketuntasan yang ditetapkan. Kata Kunci: PemahamanSiswa, STAD
Download FILE

ARSIP

2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011