SKRIPSI

Penulis / NIM
MUNAWIR DULMAN / 151412308
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstrak
ABSTRAK Munawir Dulman, 2014. Judul penelitian"Meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS Materi Perjuangan Dalam mempertahankan Kemerdekaan melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD dikelas V SDN 6 Marisa Kabupaten Pohuwato" dibawah Bimbingan Bapak Drs. H. Haris Mahmud.,M.Si selaku pembimbing I dan Bapak Samsi Pomalingo,S.Ag.,MA selaku pembimbing II. Permasalahan dalam pembelajaran ini adalah apakah dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS materi perjuangan dalam mempertahankan kemerdekaan di kelas V SDN 6 Marisa Kabupaten Pohuwato?. Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada Pelajaran IPS materi perjuangan dalam mempertahankan kemerdekaan melalui model pembelajaran tipe STAD di kelas V SDN 6 Marisa Kabupaten Pohuwato. Hasil evaluasi belajar siswa dalam pada siklus I menunjukkan hasil evaluasi belajar siswa tentang hasil belajar menunjukkan bahwa siswa yang memperoleh pencapaian diatas ketuntasan pembelajaran 70% adalah sebanyak 21 orang siswa atau 73% dan siswa yang memperoleh nilai ketuntasan pembelajaran rendah 8 orang siswa atau 27%. Hal ini berarti bahwa belajar siswa khususnya pada pelajaran IPS, sementara beberapa siswa belum mencapai kriteria KKM yang diharapkan. Hasil evaluasi belajar pada siklus II untuk meningkatkan pembelajaran pada siklus II tentang hasil belajar menunjukkan bahwa siswa yang memperoleh pencapaian diatas ketuntasan pembelajaran 75% adalah sebanyak 25 orang siswa atau 90% dan siswa yang memperoleh nilai ketuntasan pembelajaran rendah 3 orang siswa atau 10%. Dengan demikian dari 29 orang siswa, terdapat 26 orang siswa atau 90% mencapai kriteria tuntas dalam meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada materi Perjuangan Dalam mempertahankan Kemerdekaan pelajaran IPS atau dapat melebihi kriteria yang telah ditetapkan sebesar 75%, sementara 3 orang siswa atau 12% belum mencapai kriteria tuntas dalam hasil belajarnya. Berdasarkan temuan ini pula jelas bahwa hipotesis penelitian yang berbunyi "Jika Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD diterapkan pada IPS, maka hasil belajar siswa meningkat SD Negeri 6 Marisa Kelas V Kabupaten Pohuwato".dapat diterima. Kata Kunci; Hasil Belajar dan Model Pembelajaran STAD
Download FILE

ARSIP

2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011