SKRIPSI

Penulis / NIM
LISNA JUSUF / 151412310
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstrak
Abstrak Permasalahan dalam pembelajaran ini adalah Apakah metode belajar aktif model pengajaran terarahdapat meningkatkan prestasi belajar siswa pembelajaran IPS Kelas IV SDN 105Kota Utara Kota Gorontalo.Penelitian ini menggunakan metode penelitian PTK, metode ini dimaksudkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan di atas, maka prestasi belajar siswa pada siklus I rata-rata hasil belajar dalam 3 aspek yang diamati antara lain menjelaskan, keberanian dan menyimpulkan materi menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankan Kemerdekaan Indonesia pada pelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) hanya mencapai 75%. Berdasarkan hasil analisis, maka guru mengadakan perbaikan dan penyempurnaan pada proses selanjutnya, yaitu pada siklus II. Tindakan yang dilakukan adalah mengorganisir kembali siswa dalam kelompok berdasarkan ketuntasan siswa yang sudah memahami dan menginterpretasi materi menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mem-pertahankan Kemerdekaan Indonesia pada pelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) tersebut.Metode belajar aktif pembelajaran yang digunakan masih sama yaitu metode belajar aktif pengajaran terarah. Setelah diadakan pengujian siklus II hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan yang baik, hasilnya adalah data hasil belajar89%. Dari 28 siswa yang dkenai tindakan pada siklus II ini, 3 orang siswa atau 11% yang tidak menunjukkan memiliki kemampuannya masing-masing.Dengan demikian, penelitian ini membuktikan bahwa penerapan metode belajar aktif pembelajaran Pengajaran Terarah dapat meningkatkan prestasi belajar siswa terutama pada aspek menjelaskan, keberanian dan menyimpulkan materi tentang menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankan Kemerdekaan Indonesia pada pelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) terbukti meningkat dengan baik. Kata Kunci ;Prestasi Belajar dan Metode Belajar Aktif
Download FILE

ARSIP

2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011