SKRIPSI

Penulis / NIM
YUYIN J. O. SALIHI / 151412314
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Abstrak
ABSTRAK Yuyin J.O Salihi. 151 412 314. Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Sifat-sifat Cahaya Melalui Metode Eksperimen di Kelas V SDN 2 Tolinggula Ulu. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof Dr. H. Abdul Haris Panai, S.Pd, M.Pd, Pembimbing II Dr. Sukirman Rahim, S.Pd, M.Si. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah penggunaan metode eksperimen dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran Sifat-sifat cahaya di kelas V SDN 2 Tolinggula Ulu. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini, yaitu untuk meningkatkan motivasi belajar yang dibuktikan dengan hasil belajar siswa melalui metode eksperimen.Yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 25 orang, 9 orang laki-laki dan 16 orang perempuan. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) melalui tahap persiapan/observasi. Tahap pelaksanaan tindakan, pengamatan dan evaluasi yang berlangsung dalam 2 siklus dan hasilnya dideskripsikan melalui tahap analisis data. Hasil penelitian tindakan yang dianalisis pada siklus I dan II telah terjadi peningkatan yakni dari 00% - 24,99% yang memperoleh nilai lebih dari 65 dengan daya serap 67,1% meningkat menjadi 75% - 100% dengan daya serap 78% berdasarkan hasil prosentase lembar pengamatan motivasi belajar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode eksperimen dapat meningkatkan Motivasi belajar siswa. Kata Kunci : Motivasi Belajar, Dan Metode Eksperimen
Download FILE

ARSIP

2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011