SKRIPSI

Penulis / NIM
HAIS PAKAYA / 151412334
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Pembimbing 2 / NIDN
NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstrak
Hais Pakaya. Nim;151 412 334. Dengan Judul Penelitian "Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pelajaran IPS Melalui Model Kooperatif CIRC Kelas IV SDN 01 Mananggu Kabupaten Boalemo". Skripsi. Dibawah Bimbingan Ibu Dra. Elmia Umar, M.Pd selaku pembimbing I dan Ibu Nurhayati Tine, S.Pdi.,M.Hi selaku pembimbing II. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah Model Kooperatif CIRC dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pelajaran IPS Kelas IV di SDN 01 Mananggu Kabupaten Boalemo? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada pelajaran IPS melalui model pembelajaran CIRC Kelas IVdi SDN 01 Mananggu Kabupaten Boalemo. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian menemukan bahwa dalam penelitian tindakan kelas di Kelas IV SD Negeri 1 Mananggu Kecamatan Mananggu Kabupaten Boalemo, pada siklus I diperoleh peningkatan Prestasi belajar siswa dalam mengidentifikasi unsur-unsur materi dengan menggunakan model CIRC menjadi (56%) pada aspek kerjasama, sementara pada aspek keberanian sebesar 52%, dan pada aspek tanggung jawab sebesar 56% dalam peningkatan prestasi belajar siswa. Hasil tindakan siklus II ini jelas sekali menunjukan adanya perubahan perilaku prestasi belajar. Hal ini dapat dilihat dari) kerjasama, b) keberanian, dan c) tanggung jawab dalam diri siswa. Perubahan dan peningkatan Prestasi belajar siswa ini berimplikasi pada pencapaian indikator kinerja yang diharapkan. Dan hasil evaluasi tes pada siklus II menunjukan bahwa siswa mengalami peningkatan ketuntasan dalam belajar dari yang sebelumnya, dimana terdapat 92% siswa atau 25 orang yang hasil tesnya baik karena mengedepankan prestasi belajar dikelas, dan tinggal 2 orang siswa atau sekitar 8% saja yang sulit dirubah aspek perilaku belajarnya. Berdasarkan temuan ini pula jelas bahwa hipotesis penelitian yang berbunyi "Jika Model Pembelajaran CIRC diterapkan pada Pembelajaran IPS maka Prestasi belajar siswa meningkat di SD Negeri 1 Mananggu Kecamatan Mananggu Kelas IV Kabupaten Boalemo".dapat diterima. Kata Kunci ; Prestasi dan Model CIRC
Download FILE

ARSIP

2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011