SKRIPSI

Penulis / NIM
NINGSI YUSUF / 151412365
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0014046012
Abstrak
ABSTRAK Ningsi Yusuf. 2014. Meningkatkan Kemampuan Siswa Menceritakan Isi Gambar Melalui Metode Card Sort di Kelas I SDN 08 Mananggu Kabupaten Boalemo. Oleh Bimbingan Dra. Dajani Suleman, M.Hum selaku pembimbing I dan Dr. Hj. Rusmin Husain, S.Pd, M.Pd selaku pembimbing II. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah Melalui Metode Card Sort Kemampuan Siswa menceritakan Isi Gambar di Kelas I SDN 08 Mananggu Kabupaten Boalemo dapat ditingkatkan. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan Kemampuan Siswa Menceritakan Isi Gambar Melalui Metode Card Sort di Kelas I SDN 08 Mananggu Kabupaten Boalemo. Metode yang dipakai dalam penelitian tindakan kelas. penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu, Tahap Persiapan, Tahap Pelaksanaan tindakan, Tahap Pemantauan dan evaluasi, Tahap Analisis dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan tindakan siklus I terdapat 16 orang siswa melebihi indikator kinerja yang telah ditetapkan atau yang sudah mampu menceritakan isi gambar sebesar 16 orang 72.73% . Sedangkan 6 orang siswa atau 27.27% yang belum mampu membaca isi gambar dan pada pelaksanaan tindakan siklus II 19 orang siswa melebihi indikator kinerja yang telah ditetapkan atau yang sudah mampu belajar sebesar 86.36%, ternyata Dengan menggunakan card sort dapat meningkatkan kemampuan siswa menceritakan isi gambar di kelas I SDN 08 Mananggu Kabupaten Boalemo. Berdasarkan kemampuan belajar siswa pada kegiatan siklus I dan II, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode card sort dapat meningkatkan kemampuan menceritakan isi gambar pada siswa Kelas I SDN 08 Mananggu Kabupaten Boalemo. Hal ini terlihat pada siklus I, bahwa kemampuan siswa hanya 16 orang. Setelah diadakan refleksi dan perbaikan pembelajaran pada siklus II, kemampuan siswa meningkat menjadi 21 orang. Dengan perbandingan siklus I ke siklus II mencapai 80% peningkatan kemampuan belajar siswa. Kata Kunci: Kemampuan Siswa, Metode Card Sort
Download FILE

ARSIP

2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011