SKRIPSI

Penulis / NIM
SAWIYAH RAHIM / 151412369
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
DR. MUCHTAR AHMAD, S.Pd, M.Si / 0004057805
Abstrak
Sawiyah Rahim. 2014. Kemampuan Guru dalam Menerapkan Keterampilan Bertanya Pada Pelajaran IPS Di Kelas IV SDN 1 Duhiadaa Kabupaten Pohuwato. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. H. Haris Mahmud, S.Pd, M.Si dan Pembimbing II Mucthar Ahmad, S.Pd, M.Si. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan guru dalam menerapkan keterampilan bertanya pada pelajaran IPS Di Kelas IV SDN 1 Duhiadaa Kabupaten Pohuwato. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah kualitatif deskripstif, yaitu untuk mendeskripsikan dan mengungkapkan kemampuan guru dalam menerapkan keterampilan bertanya pada pelajaran IPS di Kelas IV SDN 1 Duhiadaa Kabupaten Pohuwato peneliti akan melakukan investigasi, yaitu secara bertahap peneliti berusaha memahami gejala-gejala sosial dengan membedakan, membandingkan, mengkategorikan, dan mengelompokkan obyek studi. adapun prosedur pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan Kemampuan mengajar oleh guru dalam menerapkan keterampilan bertanya pada pembelajaran IPS yang menunjukan bahwa siswa sangat antusias dalam belajar menanggapi dengan jawaban pertanyaan guru pada saat pembelajaran karena guru menerapkan kemampuan mengajar yang interaktif kepada siswa. Keterampilan bertanya dasar telah dilakukan oleh guru akan tetapi guru lebih cenderung langsung melakukan pemindahan giliran tanpa memberikan kesempatan waktu berfikir kepada siswa. Adapun Keterampilan bertanya lanjutan guru memberikan pertanyaan dengan membuat kondisi kelas dalam suasana menyenangkan agar terjadinya interaksi antar siswa, begitu pula selalu memberikan contoh pada pertanyaan dan membuat kesimpulan akhir dari jawaban pertanyaan agar semua siswa menyepakati hasil jawaban pertanyaan tersebut. Kata Kunci : Kemampuan Guru, Keterampilan Bertanya
Download FILE

ARSIP

2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011