SKRIPSI

Penulis / NIM
ONI MOPANGGA / 151412370
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Pembimbing 2 / NIDN
DR. MUCHTAR AHMAD, S.Pd, M.Si / 0004057805
Abstrak
Abstrak Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah meningkat pemahaman belajar siswa melalui metode pembelajaran Role Playing pelajaran IPS Kelas V di SDN 90 Sipatana Kota Gorontalo? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkat pemahaman belajar siswa melalui metode pembelajaran Role Playing IPS pelajaran IPS Kelas VdiSDN 90 Sipatana Kota Gorontalo.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK).PTK ini dilaksanakan dalam 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasi, analisis dan refleksi. Hasil evaluasi nilai pada Siklus I setelah dilakukan persiapan pembelajaran dengan menggunakan metode bermain peran (Role Playing)diperoleh pemahaman pembelajaran tentang materi menghargai jasa dan peranan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaandikelas V SD Negeri 90 Sipatana mengalami peningkatan keberhasilan belajar sebesar 55% atau 16orang siswatuntas pemahaman belajarnya dan tidak tuntas pemahaman belajarnya 13 orang (45%). Dan hasil pemahaman belajar setelah dilakukan penindakan pada siklus II di peroleh nilai dengan nilai rata-rata kelas V SD Negeri 90 Sipatana dalam peningkatan keberhasilan belajar tentang materi menghargai jasa dan peranan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan melalui metode bermain peran (Role Playing) siswa dikelas V SD Negeri 90 Sipatana sebanyak 25orang (86%) tuntas pemahaman belajarnya dan tidak tuntas pemahaman belajarnya 4 orang (14%). Setelah dilakukan perbaikan siklus II masih terdapat siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar, hal ini diakibatkan oleh karena motivasi diri dan dorongan orang tua belajar belum aktif dan kurang dilaksanakan saat siswa tersebut berada di lingkungan rumahnya. Dengan demikian hipotesis penelitian yang berbunyi bahwa Jika metode bermain peran ini diterapkan maka pemahaman belajar siswa di kelas V SD Negeri 90 Sipatana akan meningkat, dapat diterima. Kata Kunci ;Pemahaman Belajar dan Metode Role Playing
Download FILE

ARSIP

2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011