SKRIPSI

Penulis / NIM
SURYANATA YUSUF / 151412371
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. EVI HULUKATI, M.Pd / 0030056009
Pembimbing 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK Suryanata Yusuf, 2014. Meningkatkan Kemampuan Menyimak Cerita Pengalaman Teman Melalui Model Think Pair Share di Kelas III SDN 01 Mananggu Kabupaten Boalemo. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Evi Hasim, M.Pd dan Pembimbing II Wiwy T. Pulukadang, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyimak cerita pengalaman teman melalui Model Think Pair Share di Kelas III SDN 01 Mananggu Kabupaten Boalemo. Metode yang dipakai dalam penelitian tindakan kelas. penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu, Tahap Persiapan, Tahap Pelaksanaan tindakan, Tahap Pemantauan dan evaluasi, Tahap Analisis dan refleksi Berdasarkan hasil penelitian, maka bahwa Hasil pelaksanaan tindakan siklus I dengan rata-rata keberhasilan guru dalam meningkatkan kemampuan siswa berbicara melalui kegiatan tipe think pair share yang sebelumnya pada observasi awal berjumlah 6 orang ata 35% yang mampu menyimak saja, pada siklus I meningkat sebanyak 5 siswa menjadi 11 orang siswa (64.70%) yang sudah mampu dan pada siklus II mengalami peningkatan yang cukup signifikan yakni menjadi 14 siswa atau 82.35% yang sudah mampu menyimak dengan lancar yang sudah mampu dan persentase ini sudah memenuhi standar ketuntasan minimal yakni 75%. Berdasarkan kesimpulan bahwa, pembelajaran dengan menggunakan model think pair share yang dilakukan oleh guru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan kemampuan siswa menyimak cerita pengalaman teman pada setiap siklus. Secara khusus peningkatan kemampuan tersebut terjadi sangat signifikan pada aspek mengucapkan kata-kata yang disimak berhubungan dengan cerita pengalaman teman dan menyimpulkan isi cerita pengalaman teman. Kata Kunci: Kemampuan Menyimak, Tipe Think Pair Share
Download FILE

ARSIP

2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011