SKRIPSI

Penulis / NIM
HARTEN HIODA / 151412374
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstrak
ABSTRAK HARTEN HIODA, NIM 151412374. Judul Penelitian "Pembelajaran Aktif Model Bermain Jawaban Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas IV MI Alkhairaat Mananggu Kabupaten Boalemo." Skripsi. Jurusan Penndidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra.Elmia Umar M.Pd dan Pembimbing II Samsi Pomalingo M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah "Apakah dengan menerapkan model Bermain Jawaban dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pelajaran IPS siswa kelas IV MI Alkhairaat Mananggu Kabupaten Boalemo ? Tujuannya adalah meningkatkan aktivitas belajar siswa melalui model bermain jawaban pada pelajaran IPS siswa kelas IV MI Alkhairaat Mananggu Kabupaten Boalemo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode PTK, dan subjeknya adalah siswa kelas IV MI Alkhairaat Mananggu Kabupaten Boalemo yang terdiri dari 16 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, tes dan dokumentasi. Hasil evaluasi belajar siswa dalam meningkatkan aktivitas belajar menunjukkan peningkatan yang baik setelah dilakukan pengamatan pada 3 aspek. Data hasil belajar menunjukkan bahwa dari 11 orang siswa atau sekitar 69% pada siklus I menunjukkan harapan yang baik namun belum memenuhi KKM, namun setelah dilakukan penindakan pada siklus II menunjukkan peningkatan yang siginifikan sebesar 88% atau 14 orang siswa yang hasil belajarnya memenuhi kriteria ketuntasan minimal pada pelajaran IPS, dengan demikian model pembelajaran bermain jawaban sangat memberi dampak positif dalam mengembangkan aktivitas belajar dikelas. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Hipotesis tindakan "Jika Menerapkan model pembelajaran Bermain Jawaban, dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pelajaran ilmu pengetahuan sosial." Penelitian ini terbukti dapat meningkatkan motivasi belajar. Artinya hipotesis diterima. Kata Kunci; Aktivitas belajar siswa, Model Bermain Jawaban
Download FILE

ARSIP

2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011