SKRIPSI

Penulis / NIM
SUMIATI DAUD / 151412381
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
DR. MUCHTAR AHMAD, S.Pd, M.Si / 0004057805
Abstrak
ABSTRAK Sumiati Daud, 2014." Penerapan Metode Belajar Tuntas Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Materi Sumber Daya Alam Pada Siswa Kelas IV SDN No. 55 Kecamatan Dumbo Raya". Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas NegeriGorontalo. Pembimbing 1, Drs. Haris Mahmud, M.Si Pembimbing II, Muchtar Ahmad, S.Pd, M.Si. Tujuan penelitian untuk meningkatkan prestasi belajar siswa melalui penerapan metode belajar tuntas pada materi sumber daya alam dikelas IV SDN No. 55 Kecamatan Dumbo Raya Kota Gorontalo. Jenis Penelitian yang di gunakan adalah metode penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian 20 siswa kelas IV SDN No. 55 Kecamatan Dumbo Raya. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis presentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I. Siswa yang hasil belajarnya telah mencapai ketuntasan kriteria minimum pada mata pelajaran IPS yang telah ditetapkan sekolah yakni 80 sebanyak 14 siswa dengan presentase 60%. Sedangkan pada siklus II, Siswa yang hasil belajarnya telah mencapai ketuntasan sebanyak 20 siswa dengan presentase 100%. Sehingga hipotesis jika dalam pembelajaran guru menerapkan metode belajar tuntas pada materi sumber daya alam di kelas IV SDN No. 55 Kecamatan Dumbo Raya Kota Gorontalo dinyatakan diterima atau dapat ditarik kesimpulan bahwa penelitian ini berhasil. Kata Kunci: Prestasi Belajar, Penerapan Metode Belajar Tuntas
Download FILE

ARSIP

2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011