SKRIPSI

Penulis / NIM
YANTO / 151412383
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. LUKMAN A R LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Pembimbing 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
ABSTRAK Yanto. 2014. Meningkatkan hasil belajar siswa materi struktur bumi melalui model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division di kelas V SDN 1 Papualangi Gorontalo Utara. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Lukman A.R. Laliyo, S.Pd, M.Pd, MM dan Pembimbing II Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd Berdasarkan rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : "Apakah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Struktur Bumi di Kelas V SDN 1 Papualangi Kecamatan Tolinggula Kabupaten Gorontalo Utara Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi struktur bumi di Kelas V SDN 1 Papualangi Kecamatan Tolinggula Kabupaten Gorontalo Utara melalui Model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Student team achiement jenis penelitian adalah peneltian tindakan kelas di lakukan dengan 2 siklus, instrumen tes di gunakan untuk mengukur perolehan hasil belajar dan lember observasi untuk pengamatan tindakan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan mulai dari pra tindakan dengan nilai rata-rata siswa di bawah KKM, siklus I siswa yang tuntas belajar hanya 9 orang (64.2%), sedangkan siklus II siswa yang tuntas belajar mencapai 12 orang (85.71%). Maka penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi struktur bumi di kelas V SDN 1 Papualangi Kecamatan Tolinggula Kabupaten Gorontalo Utara dapat meningkatkan hasil belajar siswa Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh dalam pelaksanaan tindakan tentang peningkatan hasil belajar siswa pada materi struktur bumi di kelas V SDN 1 Papualangi Kecamatan Tolinggula Kabupaten Gorontalo Utara dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, dapat disimpulkan bahwa pada kondisi awal 23.5%, pada siklus I meningkat menjadi 64.2%, %, dan pada tindakan siklus II lebih meningkat lagi menjadi 85.71%. Kata kunci : Hasil Belajar Siswa, Struktur Bumi.Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division
Download FILE

ARSIP

2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011