Penulis / NIM
NOVITA INDARA / 151413091
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
RASID YUNUS, S.Pd, M.Pd / 0024028401
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstrak
ABSTRAK
Novita Indara. NIM.151413091.2017. Penggunaan Model Pembelajaran Talking Stick dalam meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn di Kelas III SDN 7 Tilongkabila Kabupaten Bonebolango. Skripsi. Jurusan. Ilmu Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Rasid Yunus. S.Pd,M.Pd dan Pembimbing II Samsi Pomalingo. S.Ag,M.A.
Tujuan Penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD pada mata pelajaran Pkn di SDN 7 Tilongkabila Kabupaten Bonebolango melalui penerapan model belajar Talking Stick.Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dengan Tindakan Kelas dengan subjek penelitian berjumlah 21 siswa. Variabel penelitian terdiri dari variabel input dan output. Tahapan penelitian terdiri dari tahapan persiapan, tahapan pelaksanaan atau tindakan dan tahapan pengamatan atau Reflesi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada penerapan Talking Stick dalam penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan dua siklus, dimana masing-masing siklus tersebut dilakukan satu kali pertemuan. Hasil belajar siswa pada tindakan kelas siklus pertama dinilai belum mencapai indikator kinerja yang diharapkan sehingga perlu adanya peningkatan terhadap proses belajar siswa dan dilanjutkan dengan siklus kedua. Pada siklus kedua terlihat hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa penerapan model Talking Stick pada proses belajar mengajar yang dilakukan oleh peneliti dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD pada mata pelajaran PKn di SDN 7 Tilongkabila Kabupaten Bonebolango.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Talking Stick, Mata Pelajaran PKn
ABSTRACT
Novita Indara. Student ID. 151413091. 2017. The Application of Talking Stick Learning Model in Improving Students' Learning Achievement in Civics Education Subject at Grade III in SDN 7 Tilongkabila, District of Bonebolango. Skripsi. Department of Elementary School Teacher Education, Faculty of Education, State University of Gorontalo. Principal supervisor is Rasid Yunus, S.Pd, M.Pd and Co-supervisor is Samsi Pomalinggo, S.Ag, M.A.
This research aims at improving students' learning achievement in Civics Education subject at grade III in SDN 7 Tilongkabila, District of Bone Bolanggo by applying Talking Stick Learning Model. It applies classroom action research with 21 students as research subjects. Variables consist of input and output variable. Stages of research are planning, implementation, and observation or reflection.
The application of Talking Stick in this classroom action research is conducted in two cycles in which each cycle consists of one meeting. Finding reveals that students' learning achievement in the first cycle has not achieved the expected performance indicator thus it needs the improvement of students' learning achievement and should be continues to the second cycle. In the second cycle, students' learning achievement has significantly improved.
It can be concluded that by applying Talking Stick model, students' learning achievement in Civics Education subject at grade III in SDN 7 Tilongkabila, District of Bone Bolango can be improved.
Keywords: Learning Achievement, Talking Stick Model, Civics Education
Subject
Download berkas