SKRIPSI

Penulis / NIM
MEI M. USMAN / 151413198
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
BASRI AMIN, S.Sos.,M.A. / 0014077402
Pembimbing 2 / NIDN
MUHAMMAD SARLIN, S.Pd., M.Pd / 0001098604
Abstrak
ABSTRAK Usman, Mei 2017. Pengaruh Model Pembelajaran PPSI (Prosedur Pengembangan Sistem Instruksional) Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN 18 Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo, pembimbing I Basri Amin, S.Sos., M.A., PhD (ABD) dan pembimbing II Muhammad Sarlin, S.Pd, M.Pd . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran PPSI (Prosedur Pengembangan Sistem Instruksional) Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN 18 Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara. Penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode sampel jenuh karena jumlah populasi yang kecil. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni deskriptif kuantitatif teknik pengumpulan dengan metode tes kepada siswa sehingga data dalam penelitian merupakan data primer. Analisis data menggunakan Paired Samples t. Test. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat Pengaruh yang signifikan antara Hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar (SD) Negeri 18 Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara sebelum Model Pembelajaran PPSI (Prosedur Pengembangan Sistem Instruksional) dengan Hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar (SD) Negeri 18 Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara setelah Model Pembelajaran PPSI (Prosedur Pengembangan Sistem Instruksional). Makna koefisien negatif ini yakni pada tes awal yang dilakukan dalam penelitian hasilnya tidak lebih besar dibandingkan dengan hasil pada test akhir (hasil tes akhir > tes awal). Ketika Model Pembelajaran PPSI (Prosedur Pengembangan Sistem Instruksional) semakin baik dan efektif maka akan berimplikasi pada kegiatatan dan Hasil belajar siswa yang semakin baik. Kata Kunci: Model Pembelajaran PPSI, Hasil Belajar. ABSTRACT Usman, Mei. 2017. The Effect of Instructional System Development Procedure Learning Model on Students' Learning Outcome in Natural Sciences Subject at Grade V SDN 18 Kwandang, North Gorontalo Regency. Undergraduate Thesis. Study Program of Primary School Teacher Education, Faculty of Education, Universitas Negeri Gorontalo. Principal Supervisor: Basri Amin, S.Sos., M.A., PhD (ABD). Co-Supervisor: Muhammad Sarlin, S.Pd., M.Pd. This research is intended to determine the effect of Instructional System Development Procedure (henceforth called as PPSI) learning model on students' learning outcome in Natural Sciences subject at Grade V SDN 18 Kwandang, North Gorontalo Regency. This research employed saturation sample because of the small population as well as quantitative descriptive method. The primary data were collected from atest given to the students and were then analyzed by using Paired Samples t. Test. The result shows that there is a significant effect of students' learning outcome in the site area before and after implementing PPSI learning model. The meaning of this negative coefficient is that the result of thepreliminary test is not greater than the result of thefinal test (final test result > preliminary test). The better and more effective PPSI learning model is, the better students' learning activity and outcome are. Keywords: PPSI Learning Model, Learning Outcome.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011