SKRIPSI

Penulis / NIM
VRISCHA LIANDA .D. TOLA / 151413217
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Pembimbing 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK Vrischa Lianda D. Tola. 2017. Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Model Bertukar Pasangan Pada Kelas V SDN 7 Suwawa Kabupaten Bone Bolango, Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Dajani Suleman, M.Hum dan Pebimbing II Wiwy Triyanti Pulukadang, S.Pd.,M.Pd Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah melalui model bertukar pasangan dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa di kelas V SDN 7 Suwawa Kabupate Bone Bolango. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa melalui model bertukar pasangan pada siswa kelas V SDN 7 Suwawa kabupaten Bone Bolango. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Pada observasi awal yang mampu berbicara berjumlah 6 siswa (25%). Setelah dilakukan tindakan siklus I dari 24 siswa meningkat menjadi 7 siswa atau 29,16% yang tidak mampu ada 17 atau 73,91. Dan pelaksanaan siklus II ada 22 siswa atau 91,66% sedangkan yang tidak mampu ada 2 siswa atau 8,33%. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa melalui model bertukar pasangan dapat meningkatka kemampuan berbicara siswa di kelas V SDN 7 Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Kata Kunci : Berbicara, Model Bertukar Pasangan ABSTRACT Vrischa Lianda D. Tola. 2017. Improving Speaking Ability by Applying Changing Partner Model of Grade V Students in SDN 7 Suwawa, District of Bone Bolango. Skripsi. Departement of Elementary School Teachr Education , Faculty of Education, Faculty of Education, State University of Gorontalo. Principal supervisor is Dra. Dajani Suleman, M.Hum and Co-supervisor is Wiwy Triyanty Pulukadang, S.Pd,M.Pd. Problem statement of this research is whether or not by applying changing partner model, speaking ability of grade V students in SDN 7 Suwawa, District of Bone Bolango can be proved. It aims at improving speaking ability by applying changing partner model of grade V students in SDN 7 Suwawa, District of Bone Bolango. This is a classroom action research. Finding reveals that only 6 out of 24 students (25%) are categorited as able in preobservation. The, number of students who are categorizet as able increases to be 7 students or 29,16% and those who are categorized as not able are 17 students or 73,91%. In cycle II, number of students who are able increases to be 22 students or 91,66% while those who are still not able are 2 students or 8,33%. Therefore, it can be concluded that by applying changing partner model, speaking ability of grade V students in SDN 7 Suwawa District of Bone Bolango can be proved. Keywords : Speaking, Changing Partner Model
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011