Penulis / NIM
MOHAMAD SANUSI KAMAH / 151413257
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SARSON W DJ POMALATO, M.Pd / 0008086010
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Abstrak
ABSTRAK
Mohamad Sanusi Kamah. 151 413 257, 2014, Meningkatkan Kemampuan Menentukan Sifat-Sifat Bangun Ruang Sederhana Melalui Pendekatan Matematika Realistik pada Siswa Kelas IV SDN 4 Bulango Utara Kecamatan Bulango Utara Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. H. Sarson W. Dj. Pomalato, M.Pd dan pembimbing II Dra. Martianty Nalole, M.Pd
Permasalahan dalam penelitian ini adalah "Apakah kemampuan menentukan sifat-sifat bangun ruang sederhana dapat ditingkatkan melalui pendekatan matematika realistik pada siswa kelas IV SDN 4 Bulango Utara Kecamatan Bulango Utara Kabupaten Bone Bolango?". Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menentukan sifat-sifat bangun ruang sederhana melalui pendekatan matematika realistik pada siswa kelas IV SDN 4 Bulango Utara Kecamatan Bulango Utara Kabupaten Bone Bolango. Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk siklus di kelas IV SDN 4 Bulango Utara Kabupaten Bone Bolango. Setiap siklus melalui empat tahap yaitu tahap persiapan, pelaksanaan tindakan, tahap pengamatan/observasi dan tahap refleksi. Tehnik Pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, tes dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kemampuan menentukan sifat-sifat bangun ruang sederhana melalui pendekatan matematika realistik pada siswa kelas IV SDN 4 Bulango Utara Kecamatan Bulango Utara Kabupaten Bone Bolango, pada siklus I adalah dari 20 siswa, hanya 11 siswa yang mampu menentukan sifat-sifat bangun ruang sederhana atau 55% siswa yang memperoleh nilai minimal 75 ke atas dan 9 siswa yang tidak mampu menentukan sifat-sifat bangun ruang sederhana atau 45% siswa memperoleh nilai di bawah 75. Hal ini belum sesuai dengan indikator kinerja yang ditetapkan sehingga dilanjutkan pada tahap siklus ke II. Pada siklus II adalah dari 20 siswa, diperoleh 18 siswa yang mampu menentukan sifat-sifat bangun ruang sederhana atau 90% siswa yang memperoleh nilai minimal 75 ke atas dan 2 siswa yang tidak mampu menentukan sifat-sifat bangun ruang sederhana atau 10% siswa memperoleh nilai di bawah 75. Hasil pada siklus II telah melebihi target sehingga tidak dilanjutkan pada siklus berikutnya.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa melalui Pendekatan Matematika Realistik kemampuan menentukan sifat-sifat bangun ruang sederhana pada siswa kelas IV SDN 4 Bulango Utara Kecamatan Bulango Utara Kabupaten Bone Bolango meningkat.
Kata Kunci : Menentukan, Sifat-sifat, Bangun Ruang, Pendekatan Matematika Realistik.
Download berkas