Penulis / NIM
AVONTRISNO JUNUS ENGI / 151413259
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0014046012
Pembimbing 2 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Abstrak
ABSTRAK
Avontrisno Junus Engi, 2014." Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca
Pemahaman Melalui Metode skimming Di kelas V SDN Bulangita Kecamatan
Marisa Kabupaten Pohuwato". Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar,
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas NegeriGorontalo. Pembimbing 1, Dr.
Rusmin Husain, S.Pd, M.Pd Pembimbing II, Dra. Dajani Suleman, M.Hum.
Pada observasi awal terdapat 3 siswa atau 23,1 % yang dapat memahami isi
bacaan, dan sebanyak 10 siswa atau 76,9 % yang belum dapat memahami isi
bacaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I terdapat 8 siswa atau
61,5% dari 13 siswa mampu membaca pemahaman dengan memperoleh nilai 70
ke atas, dan 5 siswa atau 38,5 % dari 13 siswa yang belum mampu membaca
pemahaman atau mendapat nilai di bawah 70, sehingga dilanjutkan pada siklus II.
Pada siklus II, hasil penelitian menunjukkan bahwa 10 siswa atau 76,9% dari 13
siswa yang mampu membaca pemahaman dan 3 siswa atau 23,15% dari 13 siswa
yang belum mampu atau mendapat nilai kurang dari 70.
Berdasarkan hasil
penelitian tersebut disimpulkan bahwa melalui metode
skimming, kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas V SDN Bulangita
telah meningkat.
Kata Kunci :Kemampuan, Membaca Pemahaman, Skimming
Download berkas