SKRIPSI

Penulis / NIM
RIA SUSANTY IDRAK / 151413275
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. LUKMAN A R LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Pembimbing 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
Ria Susanti Idrak. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Eksperimen Pada Materi Gaya Magnet Di Kelas V SD Negeri Bulangita Kabupaten Pohuwato. Skripsi. Program Studi S1 Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Lukman A.R. Laliyo, M.Pd dan Pembimbing II Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd     Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah dengan penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Bulangita Kabupaten Pohuwato pada pokok materi gaya magnet akan meningkat? tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi gaya magnet melalui metode eksperimen di kelas V SD Negeri Bulangita kabupaten Pohuwato.     Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tentang penerapan metode eksperimen untuk meningkatkan hasil belajar siswa menunjukan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa gaya magnet di kelas V SD Negeri Bolangita kabupaten Pohuwato setelah diterapkan metode eksperimen. Hal ini didukung dengan hasil pengamatan kegiatan siklus II dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada materi gaya magnet dimana indikator yang ditetapkan yakni 75% siswa memperoleh nilai ≥ 75 sudah tercapai, yakni bahwa jumlah siswa yang tuntas sebanyak 21 orang siswa atau 81%, selanjutnya siswa yang belum tuntas sebanyak 5 orang siswa atau 19%. Dengan nilai rata-rata sebesar 84,03.     Hasil pelaksanaan penelitian tindakan kelas sampai mencapai dua siklus karena pada siklus I kegiatan pembelajaran melalui pendekatan belum mencapai indikator kinerja penelitian. Setelah diadakan refleksi, dimana proses pembelajaran telah diadakan pembaharuan pelaksanaan tindakan pada siklus II, maka hasil belajar siswa meningkat, sehingga penetapan hipotesis tindakan penelitian terbukti dan dapat diterima secara ilmiah. Kata kunci : Hasil Belajar, Metode Ekseperimen
Download FILE

ARSIP

2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011