SKRIPSI

Penulis / NIM
NURDIN MOHI / 151413281
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. LUKMAN A R LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Pembimbing 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
ABSTRAK Nurdin Mohi. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Gaya Magnet Melalui Metode Inquiry Terbimbing dikelas V SDN 11 Randangan Kabupaten Pohuwato. Skripsisi, Program Studi S-1 PGSD, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Lukman AR Laliyo, M.Pd dan Pembimbing II Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah metode inquiry terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi gaya magnet di kelas 5 SDN 11 Randangan Kabupaten Pohuwato. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode penelitian tindakan kelas(PTK).Latar penelitian berlokasi di SDN 11 Randangan Kabupaten Pohuwato dan subjeknya siswa kelas V yang berjumlah 20 siswa, dengan 5 laki- laki dan 15 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis presentase. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan empat tahapan yaitu: tahap persiapan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi, tahap analisis dan refleksi. Hasil penelitian pada siklus I menunjukan bahwa dari 20 siswa yang dikenai tindakan 12 siswa atau 60% memperoleh nilai dibawah dari 80 sehingga belum mencapai indikator dan dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II 18 siswa atau 90% yang memperoleh nilai 80 keatas, sehingga indikator telah tercapai dan tindakan pembelajaran diangap tuntas. Dengan demikian disimpulkan bahwa melalui metode inquiry terbimbing hasil belajar siswa dapat meningkat. Kata Kunci: Hasil Belajar, Gaya Magnet, Metode Inquiry Terbimbing.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011