SKRIPSI

Penulis / NIM
ESTEFINA POLUAN / 151413294
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. LUKMAN A R LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Abstrak
ABSTRAK Estefina Poluan, 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Materi Kenampakan Permukaan Bumi Melalui Pendekatan Kontekstual Di Kelas III SDN 1 Bigo Kecamatan Kaidipang Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Lukman A.R. Laliyo, S.Pd, M.Pd, Pembimbing II Dr. Sukirman Rahim, M.Si. Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui pendekatan kontekstual dalam meningkatkan hasil belajar siswa tentang materi kenampakan permukaan bumi melalui pendekatan kontekstual di Kelas III SDN 1 Bigo Kecamatan Kaidipang Kabupaten Bolaang Mongondow Utara?. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dua siklus. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan tehnik observasi dan tehni kdokumentasi. Dari hasil analisis baik nilai rata-rata maupun aktivitas siswa pada setiap siklus menunjukkan adanya peningkatan. Data analisis hasil belajar siswa pada evaluasi siklus I menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang dicapai adalah 72. Dari 30 siswa yang terdapat Di Kelas III SDN 1 Bigo Kecamatan Kaidipang Kabupaten Bolaang Mongondow Utara yang telah mencapai ketuntasan dalam belajar sebanyak 18 siswa atau 60%, sedangkan siswa yang belum tuntas sebanyak 12 siswa atau 40%. Hasil analisis belajar siswa pada evaluasi akhir siklus II menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang dicapai oleh 30 siswa kelas III adalah 82.83. Siswa yang telah mencapai ketuntasan sebanyak 26 siswa atau 86.67% sedangkan siswa yang belum tuntas dalam belajar sebanyak 4 siswa atau 13.33%. Disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa Di Kelas III SDN 1 Bigo Kecamatan Kaidipang Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Kata Kunci: Kenampakan, Pendekatan Kontekstual.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011