SKRIPSI

Penulis / NIM
YOLIN AFRIYANI / 151413303
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Pembimbing 2 / NIDN
DR. MUCHTAR AHMAD, S.Pd, M.Si / 0004057805
Abstrak
ABSTRAK Yolin Afriyani, 2014. Penggunaan Model Pembelajaran Group Investigation dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar IPS Pada Siswa Kelas V SDN 1 Wakat Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I : Dra. Elmia Umar, M.Pd dan Muchtar Ahmad, S.Pd, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan aktivitas belajar IPS pada siswa kelas V SDN 1 Wakat Kabupaten Bolaang Mongondow Utara ? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar IPS dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Adapun hipotesis tindakan pada penelitian ini adalah jika guru menggunakan model pembelajaran Group Investigation , maka akan meningkatkan aktivitas belajar IPS materi menghargai jasa tokoh yang berperan dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia pada siswa kelas V SDN 1 Wakat Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran group investigation dapat meningkatkan aktivitas belajar IPS siswa dengan capaian pada siklus I sebesar 55 % dan siklus 2 terjadi peningkatan yang cukup signifikan yaitu sebesar 85 %, atau mengalami peningkatan sebesar 30 %. Kata Kunci : Model Pembelajaran Group Investigation dan Aktivitas Belajar IPS
Download FILE

ARSIP

2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011