SKRIPSI

Penulis / NIM
ARMAN AMP. SLAMET / 151413305
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Pembimbing 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstrak
ABSTRAK Arman AMP. Slamet. 2014. Meningkatkan Kemampuan Menentukan Jaring- Jaring Berbagai Bangun Ruang Melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas V SDN 23 Wonosari Kabupaten Boalemo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Martianty Nalole, M.Pd, dan Pembimbing II Dra. Samsiar RivaI, S.Pd, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah kemampuan menentukan jaring- jaring berbagai bangun ruang pada siswa kelas V SDN 23 Wonosari Kabupaten Boalemo dapat ditingkatkan melalui metode demonstrasi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menentukan jaring-jaring berbagai bangun ruang melalui metode demonstrasi pada siswa kelas V SDN 23 Wonosari Kabupaten Boalemo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Latar penelitian ini berlokasi di SDN 23 Wonosari Kabupaten Boalemo dan subjeknya siswa kelas V yang sebanyak 16 siswa dengan komposisi 10 laki-laki dan 6 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi, analisis dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa dari 16 siswa yang dikenai tindakan, 10 siswa mampu menentukan jaring-jaring berbagai bangun ruang atau 62% siswa memperoleh nilai minimal 70 ke atas, sehingga belum mencapai indikator kenerja yang diharapkan yaitu minimal 80% siswa memperoleh nilai 70 ke atas. Pada siklus II diperoleh 13 siswa mampu menentukan jaring-jaring berbagai bangun ruang atau 81% siswa yang memperoleh nilai 70 ke atas, dan indikator telah tercapai. Dengan demikian disimpulkan bahwa melalui metode demonstrasi, kemampuan menentukan jaring-jaring berbagai bangun ruang pada siswa kelas V SDN 23 Wonosari Kabupaten Boalemo meningkat. Kata kunci : Kemampuan, jaring-jaring, bangun ruang, demonstrasi.
Download FILE

ARSIP

2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011