SKRIPSI

Penulis / NIM
DEISY POTABUGA / 151413306
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Abstrak
Abstrak Inovasi guru dalam proses pembelajaran sangatlah penting untuk mengatasi kesulitan belajar IPA materi energi cahay. Masalah yang dapat dirumuskan dalam penelitian ini taitu tentang Apakah hasil belajar siswa pada materi energi cahaya di kelas III SDN 2 Inomunga Kecamatan Kaidipang Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dapat ditingkatkan dengan menggunakan metode demonstrasi? Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dua siklus. Adapun hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah: "Jika guru menggunakan metode demonstrasi, maka hasil belajar siswa pada materi energi cahaya di kelas III SDN 2 Inomunga Kecamatan Kaidipang Kabupaten Bolaang Mongondow Utara akan meningkat" Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dilaksanakan satu kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan satu kali pertemuan yang setiap siklus. Dari hasil refleksi pada setiap siklus baik nilai rata- rata maupun aktivitas siswa pada setiap siklus menunjukkan adanya peningkatan. pada siklus I dengan ketuntasan sebesar 62.5%. Pada siklus II meningkat dengan ketuntasan 87.5%. Kata Kunci: Hasil Belajar, Energi Cahaya, Metode Demonstrasi.
Download FILE

ARSIP

2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011