SKRIPSI

Penulis / NIM
LUN MOKOAGOW / 151413314
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstrak
ABSTRAK Lun Mokoagow, 151 413 314. Pendekatan Pembelajaran Konstruktivisme Pada Mata Pelajaran IPS Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di Kelas V SDN 72 Kecamatan Kota Timur Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Drs. H. Haris Mahmud, M.Si, dan Pembimbing II. Samsi Pomalingo. S.Ag. M.Ag. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah pendekatan pembelajaran konstruktivisme pada mata pelajaran IPS tentang Menghargai Jasa dan Peranan Tokoh dalam Memproklamasikan Kemerdekaan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V SDN 72 Kecamatan Kota Timur Kota Gorontalo? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V SDN 72 Kecamatan Kota Timur Kota Gorontalo tentang menghargai jasa dan peranan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan dengan menggunakan pendekatan pembelajaran konstruktivisme. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas, dengan hasil penelitian tindakan pada siklus I diperoleh dari 26 orang siswa yang mendapat nilai 7,5 ke atas berjumlah 4 orang (19%), dan siswa yang mendapat nilai 7,5 ke bawah berjumlah 21 orang siswa (81%) dengan rata- rata hasil capaian 67,3%. Sedangkan pada siklus II meningkat dimana pada 26 orang siswa yang mendapat nilai 7,5 ke atas berjumlah 22 orang (84,6 %), sedangkan yang mendapat nilai 75 ke bawah berjumlah 4 orang (15,3%) dengan rata rata hasil capaian 89,9%, maka penelitian tindakan kelas ini dinyatakan tuntas. Dari hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, maka penulis menyimpulkan bahwa dengan Menggunakan pendekatan pembelajaran konstruktivisme dapat meningkatkan Prestasi belajar IPS pada siswa kelas V SDN 72 Kota Timur tentang menghargai jasa dan peranan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan".. Kata Kunci : Prestasi Belajar, Pendekatan Konstruktivisme
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011